Kegiatan Pemeriksaan Papsmear & Vaksin HPV Anti Kanker Serviks di RSUD Puruk Cahu


Menurut World Health Organization (WHO), Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia. Kanker serviks menduduki urutan pertama dari 10 kanker terbanyak yang ditemukan di Indonesia. Walaupun mortalitas Kanker Serviks cukup tinggi tetapi deteksi dini kanker tersebut dapat dilakukan dengan teknologi tepat guna yang murah dan sederhana atau simpel. Itulah sebabnya, pengendalian kanker serviks tersebut merupakan salah satu program prioritas pemerintah.

Fakta menunjukkan, bahwa jutaan wanita di dunia terinfeksi HPV, yang dianggap penyakit lewat hubungan seks yang paling umum di dunia. Papsmear adalah sebuah pemeriksaan medis yang dapat digunakan untuk melihat kondisi sel-sel pada leher rahim atau serviks dan vagina. Jika hasil dari pemeriksaan tersebut tidak terdapat sel kanker maka dapat dilanjutkan dengan tindakan vaksinasi HPV. Kombinasi antara pemeriksaan papsmear dan pemberian vaksin HPV merupakan perlindungan terbaik untuk mencegah kanker serviks.

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional tahun 2018, bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan Laboratorium Prodia Palangkaraya, Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUD Puruk Cahu di bawah kepemimpinan Ny. Sri Paulina Marthin Maha menggelar pemeriksaan Pap Smear bagi Anggota DWP RSUD Puruk Cahu dan kaum perempuan di Kabupaten Murung Raya khususnya di kota Puruk Cahu.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 November 2018 ini dibuka oleh Bupati Murung Raya, Drs. Perdie, MA. Turut hadir dalam acara pembukaan Ny. Nipe Syarkawi sebagai Ketua DWP Kabupaten Murung Raya, Direktur RSUD Puruk Cahu drg. Marthin Maha,Sp.Ort, beserta perwakilan BPJS Kesehatan dan Laboratorium Prodia Palangkaraya. Jumlah peserta yang terdaftar sejumlah 131 orang.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar seluruh anggota DWP RSUD Puruk Cahu dan Perempuan di kota Puruk Cahu yang mengikuti acara ini memanfaatkan momen ini sebagai bagian Deteksi Dini Kanker Serviks. dengan sebaik-baiknya dan dikemudian hari peserta dapat divaksin HPV sebagai pencegahan kanker serviks.