Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di RSUD Puruk Cahu Tahap Pertama


Program vaksinasi covid-19 di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan Januari 2021. Di Murung Raya sendiri, vaksinasi covid-19 diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan, terutama untuk tenaga kesehatan di RSUD Puruk Cahu dan puskemas lainnya. RSUD Puruk Cahu melaksanakan vaksinasi covid-19 demi menekan peningkatan kasus covid-19 di Murung Raya. Kegiatan vaksinasi tahap pertama dimulai dari tanggal 2 Februari 2021 sampai 6 Februari 2021 dan dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Aula RSUD Puruk Cahu dan di Puskesmas Puruk Cahu.

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, manajemen RSUD telah melakukan sejumlah persiapan mulai dari vaksinator, sarana-prasarana, vaksin, penyimpanan, hingga alurnya.  Berikut ini merupakan alur pemberian vaksin di RSUD Puruk Cahu :
 
  • Peserta vaksinasi mengambil nomor antrian.
  • Peserta vaksinasi di screening suhu tubuh.
  • Peserta vaksinasi mendaftar terlebih dahulu.
  • Peserta vaksinasi melakukan pengecekan tekanan darah dan pengecekan lainnya berdasarkan petunjuk teknis vaksinasi covid-19 yang sudah dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
  • Peserta vaksinasi menunggu giliran untuk pemberian vaksin.
  • Setelah divaksin, peserta diedukasi untuk melakukan vaksinasi selanjutnya pada waktu yang sudah ditentukan.
  • Peserta vaksinasi menunggu selama 30 menit disekitar area vaksin, untuk menghindari efek samping dari pemberian vaksin yang tidak diinginkan.
 
Bagi peserta yang belum lolos screening, akan dilakukan penundaan pemberian vaksin. Sasaran vaksin covid-19 (Sinovac) untuk tenaga kesehatan RSUD Puruk Cahu berjumlah 385 orang.  Sementara ini nakes yang sudah diberi vaksin berjumlah 231 orang dan bagi yang tertunda dapat melakukan vaksinasi pada tanggal 9 Februari 2021 di Puskesmas Puruk Cahu.